Siapkan Payung Sebelum Hujan

 
Oleh : Hengky Degey
Hidup ini adalah anugrah terindah yang Tuhan berikan kepada kita (umat manusia)
Dibawah kolong langit dan diatas permukaan bumi ini ada dua arus yang kita jalani /ikuti entah Itu baik maupun yang buruk mana yang kita lakukan seleksinya kembali diri kita sendiri.
Kata orang bila Anda tidak jujur, atas tindakanmu umurmu akan pendek dengan demikian. Yang seharusnya apa yang kita harus lakuka ,? untuk memperpanjangkan umur kita.
Ada tiga Solusi yang tepat adalah
1. Ikuti (memahami) dengan cermat sepuluh 10 hukum Allah, lalu lakukan yang terbaik.
2. Turuti adat istiadat yang ada didalam kebudayaan kita masing-masing suku, jauhi dari tindakan buruk yang dilarang keras oleh adat istiadat.
3. Ikuti motivasi yang bermakna oleh orang yang lebih berpengalaman.serta pelayanani orang yang bersama kita dengan segenap hati dan jiwa, agar melalui Hal ini menjadi manusia yang menjadi manusia yang seutuhnya..
Tak ada jalan keluar bagi kita yang lain selain dari tiga poin diatas itu. itulah kunci untuk memperpanjangkan umur. Karena perbuatan kita sama seperti masuk dalam jurang yang tak terduga oleh siapapun.
Kita sebagai makhluk sosial yang punya akal Budi Yang begitu sehat serta naruri yang tajam dibandingkan flora dan fauna untuk membedakan apa yang ada di tatapan mata kita..
Sifat hakikat manusia adalah fitur-fitur yang karakteristik, yang secara prisipal membedakan manusia dengan hewan. Wujud-wujud Sifa hakekat manusia (karakteristik) yaitu.
• Kemampuan menyadari diri.
Berkat kemampuan menyadari diri ini, manusia dapat membedakan antara dirinya dengan makhluk yang lain. Lebih dari itu manusia juga dapat membuat jarak dengan lingkungan, dalam artinya bisa jadikan obyek maupun subyek. Kedua hal tersebut harus berimbang dengan perkembangannya. Yang lebih istimewa, Manusia di karuniai kemampuan untuk membuat jarak dirinya sendiri, yang bisa menempatkan posisi manusia itu sebagai makhluk yang memiliki potensi untuk menyempurnakan diri.
• Moral
Moral dapat di artikan sebagai perbuatan/etika yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Moral yang yang didasari dengan kata hati yang tajam akan berdampak baik bagi manusia dan katakan bermoral tinggi, tapi etika keduanya tidak sinkron (seimbang) maka dapat dikatakan manusia itu tidak bermoral.
• Di mensi kesusilan.
Kesusilan mencakup tentang etika dan etiket pada hakekatnya manusia memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan susila serta melaksanakan. Persoalan kesusilan Selalu berhubungan erat dengan nilai-nilai, yaitu Kesadaran atau pemahaman terhadap nilai dan kesanggupan melaksanakan nilai. Pendidikan kesusilan rentangan yang luas penggarapannya mulai dari ranah kognitif yaitu dari mengetahui sampai kepada menginternalisasi nilai. Sampai ranah efektif dari meyakini, meniati sampai ke siaga untuk melakukan. Pendidikan kesusilan berarti Menamakan kesadaran dan kesedian melakukan kewajiban disamping hak bagi perserta didik/ kita manusia. Hal ini sangat penting, karena ketimbangan antara keduanya akan mengganggu suasana hidup yang sehat.
Maka dengan itu jangan asingkan air yang sudah siap untuk di minum sebab kita tak tau apa yang akan terjadi besok hari jagalah air yang sudah diolah karena air yang dapat menghilangkan rasa haus, dahaganya dan air yang dapat disegarkan tubuh kita manusia, air adalah salah satu bagian penting untuk menghidupkan stamina pula.
Sebaliknya..!
Jangan ingin mencoba/Teracu dengan hal-hal negatif yang bisa merugikan kondisi kita. sebelum nikmati hasil dari perjuangan kita masing-masing.Harap memahami dengan teliti dalam bacaan kitab keluaran 20:14-17. Jika kita memahami lalu lakukan sesuai firman itu kemungkinan besar kita sudah lulus dari segala tantangan dalam kehidupan kita.
Akhir kata..
Mulai dari detik ini Memahami, Ingat sambil lakukan (praktek) setelah itu sadar atas semua tindakan kita. kita bisa atur manajemen waktu tetapi waktu Tak bisa menunggu kita..
Dengan demikian Siapkanlah diri kita sebelum kematian Itu datang kepada kita masing-masing orang.
)* Penulis Adalah Mahasiswa Universitas Hermon Timika-Papua.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.