Sedikit Pencerahan!

 
Oleh: Mecki Tebai
Tentang kalimat “Selamat Ulang Tahun, Rumah Sakit, dll”

Menuliskan ini bahwasanya adalah sebelum kita mengeritisi sebuah tulisan kita harus paham dan telusuri dulu baru dianalisis dan mulai merespon yang menjadi hal ganjal.

Beberapa postingan di Media Sosial baru-baru ini mengeritisi pernyataan seperti “Selamat Ulang Tahun”, sesungguhnya betul karena tiap kali yang mengulang itu tanggal dan bulan bukan tahun jadi yang seharusnya kita ucapkan adalah momentum selamat Ulang bulan dan Selamat Ulang tanggal. Pernyataan ini betul adanya secara logika namun apakah Kaidah ejaan dalam Penggunaan Bahasa Indonesia yang tepat? Ini perlu kita cari Kembali.
Biar kita paham mengapa ada *Ulang tahun bukan ulang tanggal, Rumah Sakit bukan rumah sehat* dan lain-lainnya. Hal tersebut adalah akan coba saya jabarkan dalam beberapa kalimat yang sama tapi punya makna yang berbeda dengan gayanya.
Kata Majemuk
Kata majemuk adalah gabungan dua kata yang kemudian membentuk makna baru. Tiap kata dalam kata majemuk sudah memiliki makna tersendiri akan tetapi apabila dua kata tergabung dalam kata majemuk, gabungan kata tersebut akan memiliki makna baru. Kata-kata tersebut bisa saja digabung dengan spasi atau tanpa spasi.
Adapun ciri-ciri dari kata majemuk adalah sebagai berikut:
Tidak bisa disisipi kata lain. Sebagai contoh kata mata air, tidak bisa disisipi mata pada air atau mata untuk air. Keduanya memiliki makna yang berbeda.
Tidak dapat ditukar posisi katanya. Sebagai contoh kata kereta api, tidak dapat ditukar posisi menjadi api kereta. Keduanya memiliki makna yang berbeda.
Tidak dapat diperluas atau diberi imbuhan. Sebagai contoh kata kambing hitam, tidak dapat diberi imbuhan menjadi meng-kambing hitam. Namun dapat diimbuhi dengan awalan dan akhiran menjadi meng-kambing hitam-kan.
Jenis kata majemuk sesuai dengan bentuk penulisannya adalah:
Kata majemuk senyawa, yaitu apabila tiap unsur kata digabung. Contoh: matahari, kacamata, segitiga.
Kata majemuk tidak senyawa, yaitu apabila tiap unsur kata dipisah. Contoh: mata air, harga diri, kereta api.
Jenis kata majemuk sesuai dengan maknanya adalah:
Kata majemuk beridiom, yaitu kata majemuk memiliki makna baru yang berbeda atau melenceng dari makna kata dasarnya. Contoh: buah hati, angkat kaki.
Kata majemuk semi idiom, yaitu kata majemuk yang masih bisa ditemukan makna asli dari kata dasarnya. Contoh: rumah sakit, orang tua.
Kata majemuk adalah jenis kata yang spesial karena dia tak terdiri dari satu kata saja, melainkan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki makna. Akan tetapi, setelah digabung, dua kata tersebut melebur dan membuat makna baru.
Jadi akhirnya tidak ada Peryataan kata selamat Ulang Tahun adalah Tetap Selamat Ulang Tahun dan kalau selamat Ulang tanggal dan ulang hanyalah logika Pikiran yang kerdil karena tidak memenuhi syarat dalam penyempurnaan ejaan umum kaidah bahasa yang ada.
Pertama, Selamat Ulang Tahun Bukan Selamat Ulang tanggal atau Bulan
Kedua, Rumah Sakit Bukan Rumah Sehat
Ketiga, Kereta Api Bukan Api Kereta
Keempat, Buah hati bukan hati buah, dan lainya. Kita harus PAHAM
)* Penulis Adalah Mahasiswa Universitas Cenderawasih dan Pegiat Literasi Papua.
Publisher: Admin
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.