Dilantik Badan Pengurus Baru KMK Se-Kota Study Jayapura Tahun 2022

 
Jayapura-Suara Fajar Timur.com.Pengangkatan, pengukuan pengurus baru periode 2021-2022 dan Mendemisionerkan pengurus lama periode 2020-2021 Oleh Pastor Yohanes Kayame selaku Pastor Moderator mahasiswa Katolik Se-Jayapura. Acara pengangkatan, Pelantikan dan Pengukuan Pengurus keluarga mahasiswa katolik (KMK) Se-Jayapura St. Yohanes Pembabtis  dipusatkan di Auditorium Universitas Cenderawasih Abepura, Jayapura (Kamis, 20/01/2022).

Pada momen pengukuan tersebut, Uskup Keuskupan Jayapura (Mgr. Leo Laba Ladjar OFM) selaku pembina utama menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus (KMK) Se-Jayapura pada periode 2022. Beliau juga berharap, keluarga mahasiswa katolik sebagai tulang phnggung gereja katolik dapat melatih diri dengan tugas-tugas yang diembankan serta menjalin persaudaraan antara mereka sendiri (Mahasiswa) maupun para dosen dan instansi yang memberikan kepercayaan”.  Hal itu disampaikan Uskup melalui Via SMS kepada Pastor Yohanes Kayame yang dan disampaikan langsung dalam sambutannya.
Pastor Yohanes dalam sela-sela itu beliau menyampaikan juga bahwa peran (KMK) sangat penting dalam pembangunan Iman Umat Katolik, Sehingga Pengurus Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Se-Jayapura Awalnya di bentuk pada tanggal 12 November 2020 dan ditetapkan secara resmi pada tanggal 18 Desember 2020 di Paroki Gembala Baik Abepura Jayapuara. Pastor Yohanes mengisahkan, keluarga mahasiswa katolik (KMK) Se-Jayapura saat itu dibentuk oleh Elias Gobay untuk membantu pastor moderator keluarga mahasiswa dalam tugas-tugas spritual di kampus-kampus kota se-kota study Jayapura namun sudah membentuk satu komunitas yang besar.

Hal  serupa disampaikan  Elias Gobay terkait Unit-unit kegiatan kemahasiswaan-Keluarga Mahasiswa Katolik UKM-KMK yang tergabung dalam Keluarga mahasiswa katolik (KMK) Se-Jayapura St. Yohanes Pembaptis diantaranya: UKM-KMK UNCEN, UKM-KMK USTJ, UKM-KMK POLTEKKES, UKM-KMK STIE PORT NUMBAY dan UKM-KMK ISBI serta UKM-KMK seluruh kampus di Jayapura.
Gobay, dalam Periode Pertama Kepengurusan 2020-2021 sejak dilantik oleh pastor moderator mahasiswa diselengarakannya beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Misa Bersama, Rekreasi Bersama dan Pengalangan dana untuk pengungsi seperti halnya:
– Rekreasi Bersama keluarga mahasiswa katolik di pantai Hamadi yang diramaikan oleh para pastor, dosen, senior alumni serta seluru mahasiswa keluarga katolik di Jayapura (18/12/2020).

– Misa Natal dan Tahun Baru bersama dengan mengusung thema “HENDAKLAH MEREKA MENAMAKAN DIA IMANUEL (Mat 1:23) dengan sub thema “dengan perayaan dan tahun baru ini, marilah kita membangun persekutuan keluarga mahasiswa katolik (KMK) se-kota jayapura dalam IMANUEL” thema dan sub tehma ini mengajak mahasiswa-mahasiswi se-kota studi Jayapura guna mengembangkan mempelajari, mendalami dan menghidupkan ajaran hidup Iman Katolik selain itu tujuan yang di capai ialah hendak mengucap syukur kepada allah atas peyertaan dan bimbingannya selama satu tahun yang telah duilewati, bertempat di Auditorium Universitas Cenderawasih Abepura, pada hari Minggu 09/01/2020.

– Misa Bersama umat di Paroki Gembala Baik Abepura, KMK terlibat mengambil bagian dalam misa kedua dan misa ke-tiga pada Maret 2021.
– Olahraga bersama KMK Se-Jayapura yang di jadwalkan pada tanggal 01 maret 2021 hingga berakhirnya kepengurusan periode pertama.
– Penggalangan Dana untuk membantu para pengungsi masyarakat di Intan Jaya berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Keuskupan Timika terkait bantuan kepada masyarakat Intan Jaya, pengalangan dana di lakukan pada Minggu 7 Maret s/d Minggu 14 Maret 2021 beberapa gereja dan Keuskupan di Jayapura
– Misa paskah keluarga mahasiswa katolik KMK Se-Jayapura Nuansa Papua di Auditorium Universitas, berlangsung pada 02 April 2021.

– Misa Bersama, bertepatan dengan hari Pekabaran Injil di tanah Papua yang di Rayakan pada hari Jumat 05 Februari 2021 usia yang ke 166 tahun. Yang di hadiri langsung oleh Mgr. Leo Laba Ladjar OFM (Uskup keuskupan Jayapura), Pastor Moderator Mahasiswa (RD. Yohanes Imanuel Kayame, Pr.) Rektor Universitas Cenderawasih (Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.M.T) Beserta Dosen-Dosen senior katolik dan para pembina UKM-KMK Se-Jayapura. Misa awal semester genap tahun Akademik 2020-2021 berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura-Papua (Jumat, 05/02/2021) Pukul 08:00-12:00 Waktu Papua. Kegiatan di awali dengan diskusi Ajaran sosial Gereja (ASG) dangan thema “Membangun Persekutuan dengan Kristus dalam Studi, Karya dan Menciptakan Papua Tanah Damai.
-Unit Kegiatan Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa Katolik (UKM-KMK) St. Theresia POLTEKKES bekerja sama dengan KMK Se-Jayapura dalam rangka Dies Natalis UKM-KMK POLTEKKES yang ke I Tahun 2021 berlangsung di Aula Sekretariat STIKES Jayapura (Sabtu,27/03/2021).
Keterlibatan keluarga mahasiswa katolik dalam masyarakat dan kegiatan gereja, pun terus dilakukan dan diikuti oleh keluarga mahasiswa katolik Se-kota Studi Jayapura selama satu kepengurusan periode berjalan.
Gobay berharap kepada pengurus baru periode 2021-2021 Kristoforus Nong Roni dan jajarannya konsisten menjaga kepercayaan ini sebagai suatu kepercayaan yang di berikan pastor moderator mahasiswa katolik RD.Yohanes Kayame, Pr melalui surat keputusan Uskup keuskupan jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM. Agar Lebih aktif dalam menjalankan tongkat estafet (KMK) Se-Jayapura.
Dalam pelantikan, Pengangkatan pengurus baru periode 2021-2022 pada hari kamis, 20 Januari 2022 di Auditorium Universitas Cenderawasih dengan susunan struktur kepengurusan Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Se-Jayapura Periode 2021-2022 sebagai berikut.
1. Pelindung Uskup Keuskupan Jayapura (Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM)
2. Pastor Moderator Keuskupan Jayapura (P. Yohanes E.G. Kayame, Pr)
3. Pembina Umum (Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T)
4. Pembina I. Kurniawan Patma, S.E.,M.Ak
II. Roberthus Yewen, S.Sos.,M.Si
5. : Ketua harian Alumni Penasehat dan Motivator Para Dosen Pembina UKM KMK UNCEN, POLTEKKES, USTJ, ISBI dan Port Numbay se-Jayapura
I. Elias Gobay,
II. Petrus Kosamah (Sekretaris)
III. Katrin Taa (Bendahara)
6. Pengangkatan pengurus baru
1. Ketua Umum terpilih CRISTOFORUS NONG RONI
2. Wakil Ketua RICKO PEKEY
3. Sekretaris Umum AVELINUS KOREY Wakil Sekretaris OPNIEL MIRIP
4. Bendahara Umum ROSA KOSAY
5. Bidang-bidang pelayanan:
1. Bidang Liturgi dan Katekese: Kord Alberto Agung Rafra 1. Binson Yamhin 2. Alexander Joshua Rafra dan Antonia Genovani Nabur Matung Panjaitan,
2. Bidang Pendidikan dan Penalaran: Kordinator: Christo Fernando O. Uropmabin 1. Emerkus Jeujanan 2. Kaleb Maiseni dan Alpius Uropmabin
3. Bidang Olahraga dan Minat Bakat: Juminus Kakyarmabin (coordinator), Ferdinan Adii, Trisniawati Putri Gonsalvus dan Nikson Kaladana
4. Bidang Humas: Binius Kakyarmabin (coordinator), Septa, Yosafat dan Yesita
Ditetapkan di Jayapura Pada Tanggal 20 Januari 2022 oleh Pastor Moderator Mahasiswa P. Yohanes E.G. Kayame, Pr. Melalui SK pengangkatan dan pengukuan nomor 005/KMK-J/I/2021.
Report: Elias Gobay
Editor: Erick Bitdana
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.