Menyongsong HUT ke-58, Paroki SOK Diyai Melaksanakan Perlombaan Tingkat SD

Menyongsong HUT ke-58, Paroki SOK Diyai Melaksanakan Perlombaan Tingkat SD

Photo: Antusias anak-anak SD tengah melakukan foto bersama dalam mengikuti perlombaan (Oktober, 2021). Photo (AY)

 
Jayapura-Suara FajarTimur.com. Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun ke-58 Paroki Segala Orang Kudus Diyai. Panitia melaksanakan perlombaan di tingkat SD. Perlombaan ini melibatkan seluruh Sekolah-sekolah Yayasan Katolik  (YPPK) yang berada di wilayah paroki Diyai Keuskupan Timika. Sekolah-sekolah Dasar yang antusias terlibat dalam proses perlombaan adalah SD YPPK St. Theresia Diyai, SD YPPK St. Fransiskus Asisi Kogemani, SD YPPK St. Emanuel Yinudoba dan SD YPPK Ayatei. Sementara dua SD YPPK lainnya yang berada di wilayah Stasi Widimei dan Pudu tidak terlibat mengingat jarak tempuh antara kedua stasi dan pusat paroki cukup jauh.
Ada pun jenis-jenis perlombaan yang dilombakan adalah cerdas cermat, vokal group, baca Kitab Suci dan tarik tambang. Seluruh guru dan siswa terlihat sangat antusias.
Leander Pekey, selaku ketua panitia HUT Paroki mengatakan bahwa perlombaan dalam menyongsong HUT selalu dilaksanakan setiap tahun. Perlombaan-perlombaan tersebut  dilakukan agar setiap umat semakin memupuk rasa memiliki terhadap paroki dan merasa menjadi bagian dari gereja, terutama mendukung pendidikan dan perkembangan anak.
Menurutnya, Perlombaan ini tidak dimaksudkan untuk mencari menang atau kalah, melainkan merupakan bagian dari cara kami memeriahkan HUT Paroki. Seluruh umat harus terlibat memeriahkan HUT.
Pekey pun menambahkan, dalam dua bulan ke depan ini kami juga sedang mempersiapkan berbagai jenis perlombaan ditingkat kombas dalam rangka menyongsong Hari Raya Natal. Kami sekaligus mengharapkan antusiasme yang sama dari umat untuk terlibat dalam perlombaan yang akan di lombakan, harapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Benediktus Ukago, ketua seksi perlombaan, mengapresiasi keterlibatan para guru dan siswa-siswi keempat Sekolah Dasar. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan potensi yang ada pada tiap siswa-siswi.
“Ini adalah kali pertama kami melibatkan SD YPPK. Biasanya yang dilibatkan dalam rangka menyongsong HUT adalah setiap umat kombas. Kami melibatkan siswa-siswa SD dengan maksud agar mereka bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada pada mereka. Selain meningkatkan kemampuan intelektual, bagaimana mereka juga belajar bekerjasama dalam kelompok” ujar pewarta II lingkungan paroki ini.
Selain itu, ia berharap agar para guru dan orang tua senantiasi mendampingi para siswa-siswa dengan sungguh-sungguh “Para siswa-siswi ini memiliki potensi luar biasa. Hanya saja kita tidak bisa membiarkan mereka berjalan sendiri. Peran para guru dan orang tua sangat dibutuhkan. Siswa-siswi ini harus dibimbing terus-menerus supaya mereka mampu diarahkan dengan baik”, tegasnya.
Pada perlombaan hari ini, cerdas cermat dimenangkan oleh SD YPPK St. Theresia Diyai; vokal group dimenangkan oleh SD YPPK St. Theresia Diyai; baca Kitab Suci dimenangkan oleh SD YPPK St. Theresia Diyai; dan tarik tambang untuk putra oleh SD St. Theresia Diyai, sementara putri oleh SD YPPK Kogemani.
Laporan: Aris Yeimo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.