Kesehatan Zode Hilapok Memburuk “Badan Panas Tinggi, gemetaran sesak nafas dan Mengeluarkan Darah Saat Meludah”

 
JAYAPURA, SUARA FAJAR TIMUR COM. Zode Hilapok (27) adalah salah satu orang yang terlibat dalam pengibaran bendera “Bintang Fajar” di depan Gedung Olah Raga (GOR) Cenderawasih, APO, Kota Jayapura, Papua pada 1 Desember 2021 lalu. Saat ini (18 Februari 2022) Zode Hilapok sedang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Kondisinya memburuk, badannya panas tinggi, gemetaran, sesak nafas dan mengeluarkan darah saat meludah. Berikut laporan kondisi kesehatan Zode Hilapok.
1. Kronologis
Pukul, 09.15 Waktu Papua (WP), saudara Zode Hilapok dari kamar – 3 (tiga) Tahanan Polda Papua pergi ke kamar keci (WC). Ketika sampai di kamar kecil, Badan Zode Hilapok panas tinggi, demam, gemetaran dan mengeluarkan ludah berdarah.
Beberapa teman-teman Tahanan Politik lainnya datang membantu Zode Hilapok kembali ke kamar Tahanan. Sementara Zode Hilapok di kamar Tahanan, Ernesto Matuan melapor kepada petugas Tahanan tentang kondisi Zode Hilapok. Para tahanan lainnya mendesak pihak Polda Papua agar segera mengantar Zode Hilapok ke Rumah Sakit.
Pukul, 09.27 WP, Saudar Zode Hilapok diantar ke rumah sakit Bhayangkara untuk mendapatkan jaminan kesehatan.
Sampai saat ini saudara Zode Hilapok masih dirawat di rumah Sakit Bhayangkara, Jayapura-Papua.
Sekitar Pukul, 12.30 WP, dua orang saudara (keluarga) dari Zode Hilapok berkunjung ke rumah sakit Bhayangkara. Di rumah Sakit Zode dijaga oleh seorang intel Polda Papua.
2. Catatan
a. Pihak Polda Papua belum memberikan jaminan Kesehatan yang baik dan maksimal kepada para Tahanan Politik
b. Dari Laporan sebelumnya, 23 Desember 2021: Setelah menjalani pengobatan di rumah Sakit Bhayangkara, Zode Hilapok dipulangkan kembali ke Rumah Tahanan Kepolisian Daerah Papua (Rutan Polda Papua). Dokter memberikan beberapa obat untuk diminum. Senin, 10 Januari 2022: Zode Hilapok mulai mengalami kesakitan. Badannya mulai panas, nafsu makan menurun, muntah darah dan sakit kepala.
c. Sejak 10 Januari 2022 – 18 Februari 2022, terhitung selama 38 hari, Zode menderita kesakitan di rumah Tahanan Polda Papua. Mohon Pantau dan Advokasi.
Jayapura, 18 Februari 2022
Pelapor: Crhris Dogopia
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.