Maria Bunda Kita Sebagai Perantara Kepada Yesus Kristus Puteranya Yang Tunggal

 

 

                                  Oleh: Florentinus Tebai)*

 

Sedikit Perkenalan Mengenai Bunda Maria

Maria adalah bunda dari Yesus Kristus. Kedua orang tuanya bernama Yoakhim dan Anna. Maria dipanggil sebagai seorang wanita yang tak bernoda dan seorang perawan. Ia pernah berjumpa dengan seorang malaikat Gabriel yang adalah utusan dari Allah. Ia mengandung Yesus Kristus yang adalah anak Allah yang hidup. Ia disebut sebagai bunda yang berbahagia. “mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia” (Luk 1:48). Sebagai bentuk penghormatan baginya, Gereja Katolik Roma peringati hari penghormatannya pada tiap 8 September dalam setahun sekali.

Di dalam Kita Suci Perjanjian Baru (Disingkat-KSPB), Maria adalah seorang sahabat dari saudarinya bernama Elizabet. Maria bertempat tinggal di Nazaret, Galilea. Ia adalah keturunan dari Raja Daud. Ia adalah Ibu dari Yesus yang dikandung dari Roh Kudus. Ia adalah ibu dari Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan Umat manusia dari segala salah dan dosa-dosa umat-Nya. Dalam kitab Wahyu, Maria digambarkan seperti seorang wanita Surgawi. Dalam Setipa tahun pada bulan ke-5 (Mei) gereja Katolik Roma menetapkan bulan tersebut sebagai bulan Maria. Yang artinya bahwa Gereja secara Khusus mengajak segenap umat Kristiani untuk menghormati bunda Maria sebagai bunda Yesus Kristus.

Maria juga sebagai penyalur rahmat atau berkat bagi semua orang, karena melalui perantaraannya, Allah menganugerahi keselaman dan kehidupan baru bagi umat manusia di dunia. Ia adalah sumber pengharapan bagi umatnya. Ia adalah perantara yang menghantar dan membawa kita kepada putera-Nya, Yesus Kristus. Putera Allah. Maria adalah bunda Allah, Yesus dan bunda kita. Ia adalah bunda kasih dan penolong.   

  Bunda Mari mengasihi kita, oleh karena kasihnya, bunda maria adalah bunda pengantara, pembawa rahmat, sukacita, kegembiraan, keselamatan, rahmat, melalui putera-Nya yang tunggal, yaitu Yesus Kristus yang telah menerima penderitaan melalui Jalan salib hingga wafat-Nya di Kayu Salib di bukit Golgota adalah bentuk pemberitaan diri, cinta-Nya yang total (Tanpa Syarat) kepada Allah Bapa-Nya, supaya menebus dosa-dosa kita dan menyelamatkan kita dari segala salah dan noda-dosa kita di dunia ini.

Yesus Kristus Puteranya Yang Tunggal

Yesus Kristus adalah putera Allah yang tunggal. Di dalam agama kekristenan, Yesus dipandang sebagai toko sentral yang telah membawa keselamatan bagi umat manusia di seluruh dunia. Ia adalah mesias yang berarti Kristus yang diurapi. Dalam setiap tahun,  kelahiran-Nya (Yesus) dirayakan pada tiap tanggal 25 Desember. Yang selanjutnya dinamakan dengan hari raya Natal.

Umat Kristiani di seluruh dunia meyakini (Percaya) bahwa Yesus dikandung dari Roh Kudus. Dan Ia dilahirkan oleh seorang perawan, yakni Maria sebagai Bunda-Nya. Semasa hidup-Nya, Yesus melakukan banyak mukjizat. Oleh karena atas kasih-Nya dan cinta-Nya kepada semua orang, Ia merelakakan diri dan menebus segala salah dan dosa-dosa umat manusia. Akan tetapi, pada hari yang ketiga, Ia bangkit dari kubur dan naik ke Surga. Ia mengalahkan kuasa maut.

Yesus adalah pembawa kehidupan yang baru. Karena hanya melalu Dialah kita menerima kehidupan yang Abadi. Artinya bahwa Yesus telah membebaskan kita dari seluruh salah dan dosa-dosa kita. “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Korintus 5: 17). Yesus akan membebaskanmu dari kecanduan dosa (2 Timotius 1: 17), membarui akal budimu (Roma 12: 2) dan menyembuhkan luka-luka batinmu (2 Timotius 2: 16-17).

Selama hidupnya, Yesus melakukan banyak hal kepada dunia dan semua orang. Menurut ceritra dari Kita Suci Perjanjian Baru (Disingkat-KSPB), Yesus melakukan banyak mukjizat semasa Yesus hidup dan berkarya di dalam dunia. Ia menyembuhkan orang yang sakit. Pada sore harinya, orang membawa banyak orang yang kerasukan roh-roh jahat kepada-Nya. Ia memerintahkan supaya roh-roh jahat meninggalkan mereka itu. “Ia juga menyembuhkan semua orang sakit”. (Matius 8:16).

Yesus Kristus juga adalah Sang Juru selamat Dunia. Ia menyelamatkan dunia dari segala salah dan dosa-dosa Umat Manusia. Oleh karena itu, Yesus adalah sang sumber cinta kasih yang telah membebaskan kita dari segala salah dan dosa-dosa dunia. Ia menyelamatkan dan membebaskan kita, supaya kita memperoleh keselamatan dan bukan kebinasaan. “Ia adalah sang penyelamt manusia” (Yohanes 1:41). Yang melalui kematian-Nya di Kayu Salib, Ia telah membayar segala dosa kita. Akan tetapi, Ia dibangkitkan pada hari yang ketiga dan naik ke Surga. Ia mengalahkan kuasa Maut. Yesus Kristus adalah sang Juru selamat satu-satunya yang datang ke dalam dunia untuk membebebaskan kita dari segala salah dan noda dosa kita umat manusia. “Ia adalah Kristus Sang Juru Selamat dari setiap orang yang hidup di dalam dunia ini” (Yohanes 3:16).

Penutup

Akhirnya bahwa Yesus Kritus yang mati, namun bangkit pada hari ketiga mengalahkan kuasa maut itu sendiri takan pernah meninggalkan kita semua sebagai anak-anak-Nya. Karena, Yesus Kristus itu sendiri senantiasa menerima anak-anak-Nya yang datang kepada-Nya. Yesus sendiri pernah bersabda bahwanya “Barangsiap datang kepadaku, ia tidak akan kubuang” (Yoh 6:37). Karena, Yesus datang ke dalam dunia bukan untuk mencari dan menemukan orang yang benar, melainkan Ia (Yesus) datang untuk mau mencari dan menemukan orang yang bersalah dan penuh dengan noda dosa. Sebab aku datang ke dalam dunia untuk mecari dan menyelamatkan yang hilang (Lukas 19: 10). Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat (Lukas 5: 32).

Semat Menjalani Bulan Mei sebagai Bulan Maria.

*)Penulis adalah Calon Imam Keuskupan Timika yang Kini sedang Menuntut Ilmu di STFT “Fajar Timur”, Abepura, Jayapura, Papua.

 

 

 

 

 

 

Referensi:

“bunda-maria-sebagai-pengantara” dalam http://www.bruderfic.or.id/h-293/bunda-maria-sebagai-pengantara.html. Diakses pada Jumat, 01 Mei 2020. Pukul 20.00 WIT.

“bunda-maria-bunda-pengantara-kita-kepada-yesus” dalam https://sangsabda.wordpress.com/2010/01/16/bunda-maria-bunda-pengantara-kita-kepada-yesus/. Diakses pada Jumat, 01 Mei 2020. Pukul 20.00 WIT.

“mengapa-bunda-maria-menjadi-pengantara-kita-ikatan-erat-yang-ada-diantara-kebena” dalam https://id-id.facebook.com/209947335689737/photos/mengapa-bunda-maria-menjadi-pengantara-kita-ikatan-erat-yang-ada-diantara-kebena/1725734477444341/. Diakses pada Jumat, 01 Mei 2020. Pukul 20.00 WIT.

“maria-bunda-yesus-bunda-kita” dalam https://www.parokicikarang.or.id/detailpost/maria-bunda-yesus-bunda-kita. Diakses pada Jumat, 01 Mei 2020. Pukul 20.00 WIT.

“Yesus” dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Yesus. Diakses pada Jumat, 01 Mei 2020. Pukul 20.00 WIT.

“Siapakahyesus” dalam http://siapakahyesus.com/. Diakses pada Jumat, 01 Mei 2020. Pukul 20.00 WIT.