MEDIA “Suara Fajar Timur” DARI BUKIT FAJAR STFT FAJAR TIMUR UNTUK TANAH PAPUA

Oleh Admin

Media masa adalah salah satu sarana paling top di dunia. Dunia “Globalisasi” sangat identik dengan media masa guna membantu manusia menjangkau dunia tanpa batas. Media juga adalah alat membagi informasi dan komunikasi antar sesama tanpa perbedaan suku, daerah, keluarga, ras bahkan meliputi bangsa dan benua dalam hitungan menit . Maka tidaklah salah jika media massa sering dikaitkan dengan dunia globalisasi modern yang didominasi dengan tesis universalism.

Seiring perkembangan zaman, media di dunia Barat hingga masuk di Indoensia sejak 1920-an pada masa VOC-Belanda hingga kini menjadi alternatif utama membangun komunikasi sosial. Bahkan media sendiri dibentuk dan dilindungi Undang-Undang No.40 tahun 1999 tentang Pers. Dalam undang-undang tersebut memberi pengertian secara liberatif demokrasi bahwa pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi, mencari, dan memperoleh, memiliki, menyimpan, mengelolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar serta data-data dan grafik maupun bentuk lainya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan saluran media lain yang tersedia. Media/Pers dalam arti sempit juga ialah menyampaikan pikiran, gagasan atau berita dengan kata tertulis. Dengan fungsi kontrol, membangun kepercayaan, kredibilitas dan kontrol sosial dalam kehidupan demokrasi, terutama sebagai media informasi sifatnya mendidik, mengontrol dan menghibur. Dan tak kala penting juga ialah media berfungsi menegakan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia di tanah air kita Indoensia (Ribel.R. Kebebasan Pers: 2001).

Berdasar pada fungsi dan makna media, dengan melihat realita perkembangan zaman di Indoensia dan Papua khususnya menjadi opsi utama selain media komunikasi secara langsung. Oleh karena itu, kami Mahasiswa dan civitas academica Sekolah Tinggi FIlsafat Teologi Fajar Timur dalam hal ini Organiasai Sekolah Badan Eksekutif Mahasiswa hendak menghadirkan sebuah website guna menjawab kebutuhan dan tantangan zaman gereja dan bangsa. Kami menghadirkan  dengan website : “suara Fajar Timur” untuk mempelajari, melatih demi menjawabi perkembangan pribadi dan tantangan pastoral sebagai calon pelayan Gereja lokal di Papua. Disisi lain media sebagai sarana edukatif dengan melatih para calon-calon imam untuk melatih bersuara sebagai calon imam, raja dan nabi ditengah umat yang plural-probelamtik. Selain dari pada itu melalui wada ini para mahasiswa menyumbangkan gagasan, ide-ide berupa tulisan artikel ilmiah, puisi dan beragam bentuk literasi lainya untuk menanggapi realitas sosial, budaya, politik dan lainya di atas tanah Papua sebagai bagian dari warga negara.   Tidak menutup kemungkinan, dalam media ini akan mengelolah sumbangan dari khalayak umum sebagai bentuk dukungan membangun literasi eduktaif dalam semangat “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” dalam satu semboyan “Bineka Tunggal Ika”. Dengan penuh keyakinan akan Tuhan yang Maha Essa, rasa kesatuan dalam menyatuhkan ide-gagasan, bersatu menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indoensia*