Oleh: Marsel Dou Kagipaiwaee

Secara kodrati, dalam suatu wilayah yang dibatasi oleh gunung-gunung, semua kali/sungai yang sumber mata airnya berada di bagian barat tidak bermuara ke arah barat, pasti mengarah dan bermuara di bagian timur. Demikian pula semua kali/sungai yang mata airnya berada di wilayah timur tidak bermuara ke arah timur, pasti mengarah dan bermuara di bagian barat. Yang ada hanyalah sumber mata air yang sama dari satu gunung terbagi menjadi dua dengan nama yang sama. Kali Muye dan Kali Dedoba adalah contohnya, yang satu mengarah ke bagian timur dan yang satunya mengarah ke barat.

 

Ada Kali Muye di wilayah Paniyai bagian barat dan ada Kali Muye di wilayah Kamuu bagian timur. Keduanya berasal dari mata air yang sama yakni dari Gunung Deiyai yang membatasi wilayah Paniyai dan wilayah Kamuu. Sama hal, ada Kali Dedoba di wilayah Tigi bagian barat dan ada Kali Dedoba di wilayah Kamuu bagian timur. Keduanya bermata air yang sama dari dataran tinggi Kedegaawee sebagai pembatas wilayah Tigi dan Kamuu.

 

Kali Muye di wilayah barat Kabupaten Paniai (Kampung Muye) bermuara di Danau Paniai yang berada di bagian timur dari sumbernya yakni Gunung Deiyai; sementara Kali Muye di wilayah timur Kabupaten Dogiyai (Kampung Muyekebo) bermuara di Kali Edege yang melintas di bagian barat dari sumbernya. Demikian pula Kali Dedoba di wilayah barat Kabupaten Deiyai (Kampung Obai) bermuara di Danau Tigi yang berada di bagian timur dari sumbernya yakni Kedegaawee; sementara Kali Dedoba di wilayah Timur Kabupaten Dogiyai (Kampung Bokaibutu) bermuara di Kali Edege yang melintas di bagian barat dari sumbernya.

 

Menyangkut penamaan, diduga bahwa sumber mata air yang satu dan sama menjadi acuan bagi orang Mee pada masa lampau untuk menamainya sama dalam keadaan muara di arah dan wilayah yang berbeda. Terlepas dari itu, pada kedua air kali ini terdapat keunikan lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kali Dedoba di Kampung Bokaibutu misalnya, sampai sekarang air kali Dedoba biasa pasang dan surut sebanyak tujuh (7) kali dalam satu hari. Apabila orang yang sedang sakit mandi saat air pasang maka badan orang tersebut menjadi legah dan akan sembuh paling lama dalam dua hari. Saya belum tahu banyak tentang keunikan yang terdapat pada air kali Muye. Tetapi katanya air kali Muye dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang kekurangan air susu usai melahirkan anak. Konon, dengan meminum air kali Muye maka ASI ibu yang meminumnya akan menjadi normal. (Belum ada keterangan resmi dari otoritas kesehatan tetapi masyarakat setempat meyakini dampak positif yang dialami usai memanfaatkan air Kali Muye dan Kali Dedoba).

 

Tuhan menciptakan segala sesuatu di bumi ini baik adanya untuk manusia menguasainya dengan akal budi. Dalam semua ciptaanNya, termasuk dalam semua kata dan kalimat yang kita gunakan terselubung roh, kekuatan, manita atau ipuwee yang selalu menyertai hidup manusia.

Mee_manitaa_pitokai

Meemana_manitaa_pitokai

Uwo_manitaa_pitokai

Maki_manitaa_pitokai

Enaa_manitaa_pitokai

Peu_manitaa_pitokai

)* Penulis Adalah Pakar Bahasa Mee.

Publisher: Admin