Jayapura-Suara-Fajar-Timur.Com, Cabang Perjuangan Papua Merdeka “KONIFA”NGRWP DI Denhaag Belanda, Mencari Dukungan Melalui Pekan Olahraga Sepak Bola, LIGA KONIFA.

Menurut kata pengurus Simon Sapioper, KONIFA sedang menuju melobbying perjuangan politik melalui sepak bolah di luar negeri.

 “Untuk mengenal kemajuan perjuangan menurut pelatih dan pembinah pekan olaragah “ KONIFA” memang ada kemajuan karena ada ruang- ruang khusus untuk memperjuangkan” tuturnya.

Harapan pelatih dan pembina “KONIFA” NGRWP agar ada cara- cara yang bisa menemuhkan solusi seperti negara brasil merebut hak politik mereka melalui pekan olahraga sepak bolah.

Kini orang Papua juga sudah melobbying perjuangan politik orang Papua melalui olahraga sepak bolah di Denhaag, Belanda.

Orang Papua harus berjuang dalam berbagai jalan membawah aspirasi Papua untuk merdeka kata pelatih dan pembinah.

Orang Papua tidak boleh diam tapi orang Papua harus menyatakan kebenaran kepada orang yang bisa menghargai kebenaran politik untuk bebas menentukan hak OAP tuturnya.

Tambahan dari pemimpin wilayah Meepagoo tuan Yulvin Mote.

“Negara Indonesia harus sadar dan belajar nilai kemanusiaan di tanah Papua, di mata dunia dan PBB bahwa ada masalah yang belum di tuntaskan sesuai mekanisme dan prosedur PBB. Jika mau tangani persoalan di Papua, maka tangani secara, melalui dan dalam jalur mekabisme PBB.”

Tutur Mote selanjutnya soal masalah HAM di Tanah Papua itu tugas PBB jadi negara harus buka jalur untuk menangani semua masalah di Papua.

Selamah 60-an tahun negara terbukti tidak mampuh menjawab semua masalah dan pelanggaran HAM termasuk “HAK POLITIK UNTUK MERDEKA”.

Terutama pelanggaran HAM berat di beberapa tempat di Papua, termasuk Paniai Berdarah menjadi persoalan yang harus di tangani secara mekanisme PBB” tutur Mote.”

Dia juga mengingatkan supaya negara Indonesia mengakui hak politik orang Papua.

“Negara juga segera jujur dan tanggung jawab terhadap orang Papua maupun PBB. Semua solusi akar persoalan di Papua adalah MERDEKA” ujarnya.

Jadi tidak ada jalan lain selamah Indonesia tidak membuka jalan untuk MERDEKA.

Harapan pelatih dan pembina KONIFA melalui NGRWP adalah salah satu upaya- upaya yang ingin membawah aspirasi politik kepada dunia internasional melalui pekan olahraga sepak bolah jadi masyarakat Papua mohon doa dan dukungan agar semua lancar membuka ruang politik melalui KONIFA. Liga KONIFA MENUJUH LIGA EROPA. Selamat Berjuang.

Ripot: Yulvin Mote, Aktivis HAM Papua dan Anggota Pimpinan “KONIFO” NGRWP Wilayah Meepagoo.