Jayapura-Suara Fajar Timur.com. Di sela-sela kegiatan besar Konsolidasi Tahap Ke-2 bagian dari tahapan menuju Kongres Mahasiswa Pegunungan Bintang Se-Dunia yang di lakukan oleh Badan Pengurus IMPPETANG dan KOMAPO bertempat di Aula Asrama Pegunungan Bintang, kedua organisasi ini sepakat bersama dengan para hadirin yang mengikuti kegiatan Tahapan Konsolidasi untuk menanggapi terkait persoalan yang terjadi di Distrik Kiriwok dan Disktrik Okhika Kab. Pegunungan Bintang. Kami adalah generasi masa depan Pegunungan Bintang, kami adalah ujung tombak masa depan Pegunungan Bintang. Kami sebagai intelek pemilik negeri yang independent berhak untuk menyuarakan apa yang terjadi di daerah asal kami dan terlebih khusus apa yang menimpah masyarakat kami. Pada kesempatan ini juga ijinkan kami menyampaikan beberapa hal (pernyataan sikap kami) pada publik bahwa :

Atas nama kemanusiaan,

  1. Kami menyampaikan turut belangsungkawa atas jatuhnya korban baik dari pihak TNI-POLRI, TPNPB, dan tenaga Kesehatan (nakes) yang meninggal dunia akibat kontak tembak di Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang.
  2. Kami meminta dan sekaligus mengusulkan kepada Komnasham, LBH Papua, dan LIPI serta Pekerja Kemanusiaan lainnya untuk Melakukan Investigasi Atas Kejadian Di Wilayah Konfilk Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang guna memberikan jawaban yang pasti atas kejadian yang terjadi di Kiwirok.
  3. Kami Berharap Kepada setiap media yang ada, yang sedang meliput peristiwa di Pegunungan Bintang khususnya Kiwirok untuk tetap Memberikan Informasi Sesuai Kejadian Tanpa Menyudutkan Pihak-Pihak Yang Tergabung Dalam Konflik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang.
  4. Kami juga berharap agar Tidak ada pendropan militer baik organic maupun non organic yang Berlebihan ke Pegunungan Bintang khususnya Kiwirok. Karena Pegunungan Bintang adalah tempat bekas Daerah Operasi Militer (DOM) yang pernah masyarakat setempat mengalami trauma Panjang hingga saat ini.
  5. Kami Berharap Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang Untuk Dapat Memastikan Kondisi Dan Kebutuhan Hidup Masyarakat Aman Dari Masalah-Masalah Social Dan Politik Di Kabupaten Pegunungan Bintang Umumnya Dan Khususnya Distrik Kiwirok Dan Okhika.
  6. Kami Berharap Agar Kedepan Tidak Terulang Peristiwa Yang Sama Di Tanah Air

Jayapura, 25 September 2021