Jayapura. SUARA FAJARTIMUR.com – Dies Natalis atau hari lahir merupakan momentum yang patut disyukuri. STFT Fajar Timur, Sebagai lembaga yang memanusiakan manusia, turut menyambut hari kelahirannya dengan nuansa syukur. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), sebagai promotor kegiatan, berupaya melangsungkan HUT STFT Fajar Timur pada 10 Oktober mendatang dengan mengemasnya menjadi beberapa perlombaan yakni, lomba futsal/gawang mini, Volly, Karya Tulis Ilmiah dan lomba Mazmur. Seluruh kegiatan dimaksudkan untuk menumbuhkan keakraban dan solidaritas di antara sesama mahasiwa. Akan tetapi, pandemi Covid-19 menuntut kegiatan Dies Natalis dilangsungkan secara terbatas. Perlombaan bola Volly dan gawang mini diselenggarakan di masing-masing Rumah Studi; Perlombaan mazmur diagendakan secara virtual, perlombaan mencipta Hymne STFT dibuat paling lambat sebelum 04 Oktober dan lomba karya tulis diselenggarakan dengan cara mengirimkan tulisan ke media massa dan kemudian akan diberi penilaian oleh dewan juri pada 02 Oktober mendatang.

Sebagai pembuka rangkaian Dies Natalis Ke 54, BEM angkatan 52 melaksanakan lomba futsal. Para frater Diosesan dari 5 keuskupan di Tanah Papua yang tergabung dalam komunitas Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru (STIYB) melangsungkan perlombaan futsal pada Minggu, 12 September 2021. Perlombaan ini diikuti setiap tingkat dan berlangsung di Lapangan futsal Rumah Studi Duta Damai St. Nicholaus (RSDDN), Jln. Sosial, Padang Bulan, Abepura, Jayapura. Dalam sambutan pembuka, RD. Max Pegan, Rektor STIYB, mengungkapkan Pandemi Covid yang masih berlangsung menghambat kegiatan bersama. Akan tetapi dies tahun ini menjadi pesta rumah untuk dirayakan bersama. “Silakan bertanding, baku sikut, berusaha sekeras mungkin untuk menang, asal pada hari H tetap merayakan bersama” ujar Pastor Max.

Pertandingan perdana mempertemukan tim tingkat III vs Pasca-sarjana dan Formator serta tingkat II vs Tingkat IV. Dalam pertandingan ini, tingkat III berhasil melumpuhkan Pasca-sarjana-formator dengan skor 9-6. Sementara itu, tingkat II harus pasrah menahan imbang tingkat IV dengan skor 4-4. Karena satu dan lain hal, Pertandingan selanjutnya dilangsungkan di lapangan basket STFT Fajar Timur, Jln. Yakonde. mengingat ketersediaan fasilitas pendukung, Penyelenggara pertandingan di STIYB, harus merubah bentuk pertandingan menjadi pertandingan gawang mini (17/09).

Liputan            : Zeperino Juan

Editor   : Juan Izak