Asrama Mahasiswa Katolik Tauboria, mengadakan kegiatan rekoleksi bersama mulai dari hari kamis tanggal 20 Agustus sampai 23 Agustus 2021 dengan tema “Menghargai Perjuangan Harapan Orang Tua dan Pedalaman Iman Katolik”.   Kegiatan rekoleksi ini adalah  salah satu program yang di buat oleh seksi kerohanian, untuk semakin mengenal diri sendiri dan merefleksikan tiap-tiap perjuangan pada saat  masa-masa perkuliahan pengorbanan orang tua dan pedalaman iman katolik. Hari pertama  misa pembukaan  jam 06:00-07:00 dipimpin oleh Pater Petrus Hisage Pr. Sesudah misa pembukaan dan makan malam bersama para penghuni mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sebelum membuka kegiatan ketua asrama mahaiswa Katolik Tauboria Teodorus Elli Magai, menyampaikan bawah semua penghuni wajib mengikuti kegitan ini sampai dengan selesai, karena kegiatan ini adalah sangat bermanfaat bagi kita yang ada di asrama ini, ketua asrama juga memberi ketegasan bagi penghuni bahwa yang tidak mengikuti kegiatan ini akan menberikan surat peringatan.

Apa Itu Rekoleksi

Dalam kehidupan kita sehari-hari, peristiwa seringkali berlalu begitu saja tanpa sempat kita merefleksikan sehingga kita tidak tahu makna di balik peristiwa. Sementara iman kita menyadari bahwa Tuhan turut hadir dalam setiap peristiwa tersebut setiap hariNya. Rekoleksi menjadi saat bagi kita untuk berhenti sejenak dari aktivitas rutin dan merefleksikan hidup kita untuk menenmukan kehendak Tuhan. Rekoleksi bukan sekedar mendengarkan ceramah agama atau moral, juga bukan renungan panjang atau ceramah kitab suci dan teologi serta filsafat.  Pengalaman hidup yang dirasakan oleh peserta rekoleksi itu sendiri yang menjadi objek yang ditelusuri dalam rekoleksi. Pemberi rekoleksi hanya bertindak sebagai pemandu saja. Dengan demikian, rekoleksi juga adalah  salah satu proses yang di gunakan untuk mengetahui atau menggali masa lalu dari seseorang  dengan cara memanggil kembali memori dari masa lampau terhadap suatu kejadian tertentu.

Dengan kegiatan ini sangat antusias kepada kehidupan kami sebagai penghuni asarma Tauboria yang melatar belakangi berbagai suku yang berbeda telah berkumpul untuk mewujudkan cita-cita dan harapan orang tua. Dengan kegiatan ini para penghuni bisa mengetahui latar belakang kehidupan kedua orang tua  yang berjuang untuk harapan anaknya, dan bisa mengetahui sesama di komunitas Tauboria. Kegiatan ini sangat terkesan bagi kami, karena banyak memberikan kontribusi yang besar bagi kami.

Asrama Mahasiswa Katolik Tauboria adalah lembaga pembinaan yang berada di naungan ke-lima Keuskupan di Tanah Papua. Sehingga mereka juga berhak mendapatkan ajaran-ajaran keimanan dari berbagai pihak dan bermoral dalam kegiatan yang bersifat kepercayaan agama dan kegiatan lainnya. Oleh karena karena itu kegiatan-kegiatan yang di lakukan di asrama  katolik merupakan kegiatan yang terkesan positif dan bermakna bagi gereja dan tanah air “pro ecclesia et patria”. kegiatan ini sangat bermakna dalam kaum awan terlebih khusus bagi mahasiswa Tauboria sebagai kader-kader terhebat di Tanah Papua. Marteri-materi yang di bawahkan oleh para pemateri adalah orang-orang intelek dalam moral pengetahuan yang begitu antusias. Peghuni asrama Katolik Tauboria adalah mahasiswa yang berperan aktif di beberapa kampus di Jayapura ini. Dan harapan mereka adalah apa yang mau mereka berikan kepada orsng tua, pesan moral yang diberikan oleh orang tua pasti dimiliki oleh setiap kita sebagai anaknya. Maka itu komitmenlah dan belajarlah pasti masa depan akan sukses.

Penulis: Yuminus Kakyarmabin

Editor: Melpianus Uropmabin