Mengawali Kuliah Perdana STFT Fajar Timur

Sabtu, 21 Agustus 2021

Para dosen, karyawan-karyawati, mahasiswa, Civitas Akademik STFT yang terkasih, kita patut panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan perlindungan kepada kita. Kita berdoa Semoga kasih Allah Tritunggal, Allah Bapa,  Allah Putra, Tuhan kita Yesus Kristus dalam persekutuan Roh Kudus yang senantiasa bersama kita, atas kasih yang begitu besar yang kita alami, dalam hidup dan karya kita. Kita bersyukur secara khusus, meskipun covid 19 ini, Tuhan Allah selalu menjaga dan melindungi kita semua, sehingga kita dalam keadaan yang sehat telah menyelenggarakan tahun akademik 2020-2021. Kegiatan belajar mengajar pada semester yang lalu, kita telah menjalani semua dalam semangat kerjasama, antara para dosen, mahasiswa para staf, akademika STFT, tak lupa juga kerjasama pembina rumah studi dimana rumah-rumah studi juga kerap mengambil andil yang besar dalam perkuliahan online maupun dalam masa praktek yang berbasis rumah-rumah studi dengan menyiapkan sarana-sarana pendukung yang memadai. Sesuai kalender akademik, kita membuka tahun akademik tahun 2021-2022 pada tanggal 3 Agustus 2021. Namun tahun akademik mengalami pemunduran dua Minggu karena beberapa dari kita, termasuk ketua dan beberapa staf terpapar covid sehingga perlu menjalani perawatan dan sekarang telah dinyatakan sembuh, sehat walafiat dalam tugas dan tanggung jawab. Mari kita belajar dari kami yang telah terpapar covid 19. Adanya covid 19 dan kami yang telah terkena wabah ini, menandakan bahwa covid itu ada dan memang di tengah-tengah kita. Maka itu, kita perlu wasapada dalam hidup kita bersama asal kita jangan lupa untuk vaksin sebagai syarat perkuliahan di STFT.

Suatu sukacita lain ialah sekolah kita diperkuat dengan lima dosen baru (maksudnya empat), yaitu P. Bernard Baru Dosen Misiologi, P.Martin Silitubun sebagai dosen hukum Gereja menggantikan Alm. Pater Yulianus Bidau Mote, P. Agus Tebai sebagai dosen Teologi Dogmatik, dan Br Ino OFM yang akan tiba pada akhir semester baru ini.

Sukacita juga datang dari rumah studi. Ada pula tenaga baru lain untuk memperkuat tim formator, P, Daniel Gobai Pr selaku pembina konfrater Keuskupan Manokawari-Sorong, dan P. Jhon KotaSando yang memperkuat barisan pembinaan calon imam projo keuskupan Agung Merauke. STFT FAJAR TIMUR juga mengusahakan agar adanya SK dari Menteri Agama sebagai tanda legallitas adanya program pascarsajana di STFT Fajar Timur ini. Karena itu, kita mohon doa dari semua pihak untuk turut andil dalam mengedepankan kerjasama yang baik ini.

Para civitas akademik yang terkasih, marilah kita camkan suatu teguran Tuhan Yesus kepada orang Farisi dan Ahli Taurat. Yesus katakan kepada murid-murid-Nya, silahkan dengarkan tapi janganlah ikuti apa yag mereka lakukan. Mereka mencari popularitas. Barangsiapa meninggikan diri ia akan direndahkan, dan barang siapa yang merendahkan diri akan ditinggikan. Marilah kita memulai perkulihan kita ini dengan semangat mau menjadi pelayan bagi yang lain, menjauhkan diri dari sikap mencari muka, mencari popularitas seperti ahli Taurat atau ahli Farisi.

Marilah kita memulai pembinaan di STFT ini dengan membina para calon pemimpin Gereja bukan untuk menjadi bos atau kurang peka akan situasi yang terjadi, apalagi hanya mau mencari popularitas. Kita sebagai dosen, karyawan karyawati harus mau melayani satu sama lain dengan tugas kita masing-masing. Apa yang kita katakan perlu kita lakukan dalam hidup dan tugas kita. Apa yang kita pelajari perlu kita hayati dalam hidup. Bukan, lain perkataan dan lain perbuatan.  Apa yang dimani penting untuk dihayati dalam tugas panggilan kita masing-masing. Mari kita jalani perkuliahan ini dengan bekerjasama, bergandengan tangan kita pasrahkan secara total dalam pelayanan, dalam penyertaan pada Allah Tritunggal Mahakudus, sebagai dosen karyawan-karyawati ataupun sebagai mahasiswa dengan tidak semena-mena mengandalkan kemampuan, kemauan, keangkuhan. Membagi dan memberi waktu, ilmu ketrampilan, mulai dalam keluarga, komunitas, di tempat kerja kita di tempat ini.

Pada hari ini pula, tanggal 21 Agustus Gereja Katolik merayakan St. Pius ke X, Paus dan pengaku iman. Pada masa pontificalnya, ia melakukan beberapa hal yang penting demi pembaharuan Gereja. Ia berusaha memperjuangkan pemisahan Gereja dan Negara di Perancis, melakukan modifikasi hukum Gereja, melakukan reorganisasi kuria Roma, pendirian lembaga-lembaga studi dan pendidikan, dan tak lupa juga ialah bahwa ia suka berdevosi kepada St. Maria. Civitas akademik yang terkasih, marilah kita berdoa kepada St. Pius ke X agar kita mendatangkan pembaharuan dalam seluruh proses pendidikan dan pembinaan sehingga STFT Fajar Timur ini menampilkan output yang berkualitas melalui para outputnya demi pembaharuan Gereja dan masyarakat. Untuk memulai kuliah semester ini, kita awali dengan kuliah umum yang akan dibawakan oleh Dr. Bernardus Renwarin M.Si. Beliau akan memresentasikan satu tema yang menarik bagi kita semua, karena itu saya mengajak kita untuk mengikuti kuliah dengan seksama sampai selesai, Kepada Dr. Bernardus Renwarin M.Si sebagai pembicara pada hari ini, saya dan civitas akademik mengucapkan limpah terima kasih atas kesediaan membagi ilmu kepada kita semua. Semoga materi yang kita dapat menjadi momen yang dapat mendorong kita semua mengamalkan Tri Darma Pergururan Tinggi melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mengakhiri sambutan ini, sekali lagi mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Tritunggal Mahakudus.

Reporter : Agustinus Sarkol