JAYAPURA-SUARA FAJAR TIMUR COM. Bersamaan dengan penutupan tahun akademik 2020/2021 dilaksanakan misa pelantikan lektor-akolit Sekolah Tinggi Filsafat-Teologi (STFT) Fajar Timur. Pelantikan lektor-akolit diperuntukan bagi mahasiswa tingkat IV yang telah menyelesaikan studi Sarjana di STFT Fajar Timur. Pelantikan lektor-akolit adalah bagian dari agenda tahunan STFT Fajar Timur guna mempersiapkan kader-kader imam Katolik dan petugas pastoral yang siap sedia mewartakan kabar sukacita di seluruh tanah Papua-Indonesia.

Pelantikan lektor-akolit disebut sebagai upacara tahbisan kecil. Para frater-calon imam yang menerimanya dikurniai rahmat untuk memaklumkan Sabda Tuhan dan membagikan Tubuh Kristus (Ekaristi) kepada umat beriman. Mahasiswa STFT yang tidak melanjutkan pendidikan calon imam, tetap dapat menerima pelantikan lektor-akolit dan mengemban tanggung jawab sebagai petugas pastoral (baca: katekis dan pewarta) di Tanah Papua. Mahasiswa STFT yang sudah dididik dan dibentuk secara kepribadian, intelektual, iman dan moral lantas mengambil tanggung jawab untuk menjadi pewarta Injil Yesus Kristus.

Pelantikan Lektor Akolit dan penutupan tahun akademik STFT Fajar Timur dilangsungkan bagi 33 mahasiswa pada Sabtu, 12 Juni 2021 di Rumah Studi masing-masing. Pelantikan lektor-akolit dilangsungkan secara tertutup dikarenakan situasi covid-19 yang belum usai. Para biarawan OSA merayakan Ekaristi Syukur di kapela Biara Kasisiakum, Waena. Para Frater OFM di Rumah studi Sang Surya, Padang-bulan dan para frater diosesan (Projo) yang terdiri dari lima keuskupan di tanah Papua (Keuskupan Agung Merauke, Jayapura, Manokwari-Sorong, Agats-Asmat dan Timika) merayakan misa perutusan di Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru, Padang-bulan, Abepura. (Sabtu/12/06/2021).

Reporter dan foto : Erik Bitdana

Editor : Juan Izak