JAYAPURA-SUARA FAJAR TIMUR.COM. Sentani, tiga distrik asal Kiwirok Timur (Oklip, Okyop dan Okhamo) mengadakan pemilihan badan pengurus baru KOMAPOK dan Ketua Asrama periode 2021-2022, Senin (01/04/2021) sekitar jam 8: 00 waktu Papua.

Di asrama tiga OK Jalan pasir-Sentani dipadati oleh seluruh mahasiwa-mahasiswi, pelajar dan masyarkat tiga distrik Oklip, Okyop, dan Okhamo yang berdomisili di kota Jayapura, Kab Jayapura dan Kab Keerom untuk mengadakan pemilihan badan pengurus KOMAPOK periode 2021-2022.

Proses pemilihan dipandu langsung oleh tim formatur komisi pemilihan umum yang bentuk secara langsung oleh badan pengurus Komapok yang lama. Dalam pemilihan ini ada dua bakal calon yang dinyatakan lolos verifikasi dan berhak bertarung dalam proses pemilihan diantaranya pasangan nomor urut satu (1) Aplinus Almung dan Mutki Almung sementara nomor urut dua (2) Noris Uropmabin didampingi wakilnya Alitinus Delka.

Semua rangkaian acara dibuka dengan doa pembukaan oleh Bpk Tantus Taplo. Padangan umum untuk pemilihan disampaikan oleh perwakilan senior tiga OK dalam hal ini oleh Bpk Yuli D. Bidana S. Pd bahwa dalam suatu organisasi perlu ada kerja sama supaya menciptakan orang-orang yang handal dan mantap.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua KOMAPOK periode 2020/21 (Fredi Taplo) bahwa, organisasi KOMAPOK ini ada untuk semua mahasiswa-mahasiswi tiga OK belajar untuk bersaing dengan orang lain terutama dengan tiga puluh distrik lain di Kabupaten Pegunungan Bintang.Usai kata sambutan sekaligus sebagai ketua membuka acara memilihan dan menyerahkan surat suara kepada tim formatur.

Panitia mengarahkan semua mahasiswa-mahasiwi dan pelajar untuk menentukan nasib satu tahun ke depan dengan memilih dua bakal calon yang ada dengan hati nurani. Semua orang berhak memilih maka dengan antusias mahasiwa-mahasiswi, pelajar dan masyarakat berbaris untuk memilih, seusai pemilihan panita menghitung dan menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yakni berjumlah seratus sebelas suara sah. Kemudian masuk dalam proses perhitungan suara yang diperoleh oleh bakal calon nomor satu berjumlah 47 suara dan nomor urut dua berjumlah 64 suara sah. Dengan demikian panitia, ketua KOMAPOK dan senor menetapkan pemenang dalam pemilihan ini adalah ketua dan wakil ketua KOMAPOK yang baru adalah nomor urut dua atas nama Noris Uropmabin dan Alitinus Delka, sekaligus memilih sekertaris Mutki Almung dan bendahara Sia Uopka surat keputusan tersebut dibacakan oleh senior Bpk Siprianus Taplo, S.E.

Dalam sabutannya sebagai ketua terpilih periode 2021-2022,  Noris (sapaan akrabnya) mengajak semua mahasiswa dari tiga OK untuk turut ambil bagian dalam program yang akan dicanangkannya selama satu tahun ke depan.

Menurutnya, sebagai payung untuk mengarahkan dan yang berpartisipasi aktif adalah semua komopnen masyarakat tiga OK adalah bagian dari tanggung jawab semua mahasiswa asal tiga OK, pungkasnya.

Sementara pihak  yang kalah dalam pemilihan berlangsung yang diwakili Ade. Aplinus Almung, dengan senang hati mengajak semua orang untuk tidak menyerah tetapi selalu optimis dalam semua hal termasuk jatuh bangunnya sebuah organisasi. Almung pun menuturkan,  sudah dua kali berpengalaman mencalonkan diri sebagai ketua Komapok dan sekali sebagai wakil ketua Impetang tetapi kalah.  Baginya kalah dan menang adalah soal biasa maka itu ia tetap mendukung ketua terpilih dan wakilnya dalam semua program.

Akhir dari pemilihan ketua dan wakil ketua Komapok periode 2021-2022 kembali memilih ketua asrama yang baru yakni Bpk Tantus Taplo dan Normin Almung.// (Yermias Delka)

Editor: Erick Bitdana