JAYAPURA-SUARA FAJAR TIMUR. COM. Demi membangun persekutuan antar keluarga Pelajar mahasiswa Katolik se-kota study Jayapura, KMK Universitas Cenderawasih, USTJ dan POLTEKES Jayapura melangsungkan kegiatan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga mahasiswa katolik se-Jayapura. Kegiatan ini bertempat di Auditorium Univeristas Cenderawasih Abepura Papua, (Minggu, 09/01/2020).

Kegiatan ini diawali dengan perayaan misa dengan mengusung thema “HENDAKLAH MEREKA MENAMAKAN DIA IMANUEL (Mat 1:23) dengan sub thema “Dengan Perayaan dan Tahun Baru ini, Marilah kita membangun persekutuan Keluarga mahasiswa katolik (KMK) Se-kota Jayapura dalam IMANUEL”. Thema dan sub tema ini hendak mengajak  mahasiswa-mahasiswi katolik se-kota Jayapura guna mengembangkan, mempelajari, mendalami dan menghidupkan ajaran hidup iman katolik dilingkungan mahasiswa-mahasiswi. Selain itu tujuan yang dicapai ialah hendak mengucap syukur kepada Allah atas penyertaan dan bimbingan-Nya selama satu tahun yang telah lewati.

Hal ini disampaikan RD. Yohanes Imannel Kayame, Pr selaku Pastor Moderator dilingkungan pelajar. Menurutnya, kegiatan ini sebenarnya bertujuan untuk membangun persekutuhan, kebersamaan sebagai satu kerluarga di Jayapura ini. Sebab selama ini masing-masing Komunitas Mahasiswa Katolik jalan sendiri-sendiri, sehingga terkadang kegiatan atau program yang direncanakan tidak terlaksana. Agar kedepan dengan kegiatan ini bisa mengingatkan mahasiswa katolik diberbagai universitas agar bisa bersatu dalam satu wadah yang sifatnya menyatuhkan.

Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan mengajak mahasiswa katolik yang tidak terpisah dari warga gereja, turut partisipasi dalam perayaan-perayaan besar gereja seperti Natal dan Paskah. Dan hari ini diawal tahun baru 2021 sudah memulai, agar semangat Iman Katolik melalui kelahiran Yesus Kristus serta berkat-Nya berdayaguna dalam setiap usaha para mahasiswa dalam study maupun semangat persekutuhan . Dengan harapan kegiatan besar gereja yang sifatnya agenda tahunan ini, kedepan bisa dibuat lebih meriah lagi dengan persiapan yang matang dan terprogram, ucapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Rektor Universitas Cenderawasih, Dr.Ir. Apolo Safanpo, ST.MT dalam sambutanya memberikan pesan agar “KMK harus terlibat aktif dalam membangun persekutuahan gereja dengan kegiatan yang sifatnya diskutif ilmiah yang dapat membangun pengetahuan iman guna mendidik kader-kader awam katolik agar mahasiswa sebagai kader-kader garda depan perkembangan gereja dapat mengetahui sejarah-sejarah gereja, dogma gereja dan ajaran sosial gereja berdasar dan berakar dalam pengembangan iman katolik, tegasnya.

Lebih lanjut, Petrus Kosamah selaku Sekretaris Umum, mewakili Keluarga Mahasiswa Katolik se-kota Study Jayapura menyatakan “ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari pihak gereja, pihak dosen dan Universitas Cenderawasih yang memfasilitas tempat, pihak gereja katolik dan pihak dosen yang sudah turut partisipasi dalam terlaksananya seluruh kegiatan dari awal persiapan hingga akhir terselasinya kegiatan ini. Kami bersyukur dengan kegiatan ini semakin menyatuhkam kami membentuk persekutuhan keluarga katolik dilingkungan pelajar se-kota Jayapura. Kosamah juga berharap, semoga kedepan bukan hanya tiga KMK Universitas saja tetapi akan diadakan kerjasama dengan Universitas lain diseluruh kota study Jayapura agar kedepan bisa teragendakan.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi wadah kumpulan organisasi katolik terlepas dari OMK dan PMKRI. Karena tujuanya adalah membangun persekutuan pelajar katolik, mempersiapkan wadah bagi adik-adik yang akan menyusul(*)

Reporter: Erick Bitdana