Refleksi Oleh: Adrian Bendokbiran

JAYAPURA-SUARA FAJAR TIMUR. COM. KATONG SEMUA BASUDARA, Slogan itulah yang tepat untuk menyatukan kita semua berjalan bersama sebagai satu kesatuan dalam satu Misi melalui Panggilan Tuhan di STFT Fajar Timur Abepura-Papua. Persaudaraan sebagai Perjumpaan tidak ada habis – habisnya membawah sukacita yang mendalam bagi para frater seminari tinggi interdiosesan regio papua. Selepas natal bersama pada hari Kamis 7 Januari 2021 kemarin, kali ini para frater se-regio papua kembali menyatukan rasa persaudaraannya dengan rekreasi bersama di Pantai Hamadi pada (Jumat, 08/ 01/2021).

Photo istimewa EB: Foto bersama di Pantai Hamadi, Jumat, 08/ 01/2021

Diawal rekreasi ini bersama satukan hati dan ucapan Syukur pada Tuhan, dimeriahkan dengan beragam permainan, makan siang dan selanjutnya rekreasi bebas.

Saya merefleksikan bahwa karena ada Tuhan kita dapat mempersembahkan ungkapan syukur melalui rekreasi bersama, kita sebagai calon imam telah menyatukan seluruh pergumulan,harapan, impian dalam ekaristi kudus yang dirayakan setiap hari, maka kiranya rekreasi ini merupakan suatu moment perjumpaan yang mendalam bagi kita dan sesama ciptaan Tuhan. Dalam kegiatan rekreasi bersama ada suatu hal yang menjadi dasar bahwa, kita bertemu, menyapa, dan mencitai satu sama lain dalam rekreasi oleh Tuhan, karena mau mengbadirkan cinta lewat sesama, Kita tidak hanya sebatas berkumpul, cerita, makan dan pulang, tetapi lebih dari itu perjumpaan yang membuat kita merasakan sukacita yang mendalam oleh karena berkat Tuhan.

Rekreasi merupakan kegiatan yang sangat penting bahwa hal ini juga merupakan suatu pengolahan social , saya melihat bahwa pengolahan terhadap suatu daya komunitas sangat perlu karena kita tidak sebatas personalia saja, maka aspek sosial sangat perlu untuk menguatkan tingkat komunikasi verbal kita. Saya dapat merasakan suatu maanfaat dalam rekreasi yakni, meningkatkan tali persaudaraan antar sesama anggota komunitas. Saya ingin membagikan sebuah hal yang begitu menarik dalam rekreasi bahwa, di sinilah kita dituntut untuk membuka pikiran (refresh) atas masalah apapun, karena rekreasi sangat perlu bagi penyegaran terhadap sikap,emosi dan mental, seperti dalam sebuah permainan salah dan benar juga, rekreasi bergoyang da sebagainya. Hal yang harus mampu kita tangkap ialah, kita di kumpul untuk berbagi kasih persaudaraan dalam Tuhan yang menyatukan dalam kebersamaan.

Pengalaman rekreasi bersama kirannya mau menghadirkan satu rasa yakni, kegembiraan penuh dalam rasa persatuan antara kami konf. Frater regio papua. Rasa kegembiraan di balut dengan sukacita dengan permainan yang di sajikan, snack dan makan bersama, kiranya menjadi suatu sarana dalam. Mengikat rasa tali persaudaraan. Lewat rekreasi kita paham bahwa kebersamaan sebagai satu komunitas STIYB harus selalu ada dan selamanya ada ( Pesan Pater Max pegan, Refleksi RSDNN 15 September 2020)

 

Penulis adalah Mahasiswa STFT Fajar Timur Abepura-Papua Tingkat I

Editor Erick Bitdana