JAYAPURA-SUARA FAJAR TIMUR. COM. Yayasan Lumen Fidei Papua, Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St. Yohanes Rasul -Keuskupan Jayapura, berhasil mewisudakan 30 Wisudawan-wisudawati Sarjana Strata Satu (S1) Program Study Pendidikan Keagamaan Katolik Angkatan IX dan X tahun 2020. Prosesi kegiatan wisuda ini berlangsung di Aula St. Ignatius Gereja Katolik Paroki Kristus Terang Dunia Waena-Papua (Senin, 14/12/ 2020) 10:00 Waktu Papua.

Acara wisuda ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Lumen Fidei Papua, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Papua dan perwakilan Dirjen Bimas Katolik Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, ketua Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St Yohanes Rasul Jayapura, Pastor Dr. Drs. Paulus Tan, mengajak seluruh umat mengucap syukur atas  kerjasama yang dibangun bersama Universitas cenderawasih dan STFT Fajar Timur dalam tenaga dosen guna menunjang akademik sekolah kami, tuturnya.

Lebih lanjut, beliau mengajak seluruh umat Allah untuk mensyukuri Rahmat Allah ditengah maraknya covid 19 terutama di dunia pendidikan yang merasakan kesulitan dalam proses pengajaran. Walaupun demikian, upaya dan kerja keras dari dewan dosen dan juga mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas akhir ini. Juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama mendoakan Bangsa Indonesia tanpa memandang suku, agama dan ras di Bangsa kita tercinta dengan saling mendukung di semua bidang hidup.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Dirjen Bimas Katolik Republik Indonesia Dr. A. H. Yuniadi. MM, mengajak para wisudawan-wisudawati agar tetap konsisten dan memiliki daya saing sebagai orang yang memiliki keyakinan. Karena dibalik tantangan ada kemudahan yang Allah sediakan. Untuk mengeksplorasi itu, maka dituntut untuk mampu berkompetisi dalam situasi perkembangan teknologi 4.0.

Hal ini ditegaskan pula oleh  Kakanwil Kementerian agama Provinsi Papua, melalui program Kita Cinta Papua (KCP) yang selama diperjuangkan dan  didorong agar beberapa sekolah Yayasan Katolik mendapat perhatian serius dari Kementerian agama (Kemendikbud)  dibawah naungan Bimas Katolik.

Menurutnya kesempatan selanjutnya, melalui kerjasama dibeberapa sekolah swasta di wilayah Papua diupayakan untuk dinegerikan, Sebab kuota pengangkatan Pegawai Negeri selama ini diperuntukkan bagi Madrasah atau umat Muslim pada umumnya karena mereka sudah dinegerikan dan mendapatkan perhatian penuh. Hal yang sama dalam menunjang bidang  pengembangan pengelolaan Sekolah Tinggi Katolik seperti STFT Fajar Timur yang sedang didorong untuk pengakuan S2 (Strata Dua) demi perkembangan gereja, tegasnya.

Karena itu beberapa kerjasama ini dibangun agar, menunjang kebutuhan akademik, agar mahasiswa memiliki niat dan nyali berdasar pada visi dan misi serta bersedia untuk menerima, melaksanakan dan mengembangkan pendidikan dan pelajaran agama katolik yang otentik dan kontekstual di tanah Papua.

Agar Lembaga ini menjadi alat bagi Tuhan dalam menjalankan tugas kerasulan Misi Allah di tanah Papua, Ketua Yayasan Lumen Fidei Papua Drs. Abdon Bisei, mengajak para wisudawan-wisudawati memahami sifat dasar seorang Katekis. Menurutnya, ilmu yang dipelajari seorang Katekis akan bermanfaat ditengah pelayanan Umat terutama melayani sesuai dengan tugas dan tanggung jawab di bidang Pastoral dan Kateketik.

Semoga dengan kehidupan sehari-hari kita sebagai orang beriman selalu menjadi kesaksian iman kepada Allah ditengah situasi hidup masyarakat.

Sesuai dengan amanat wisudah, para wisudawan-wisudawati pun berjanji melaksanakan tugas kewajiban yang dipercayakan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai yang dipelajari, mengambil bagian dalam visi dan misi Keuskupan Jayapura “mengembangkan Gereja yang mandiri dan misioner, dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan undang-undang 1945. Dengan harapan, para mahasiswa Wisudawan-wisudawati menjadi Katekis yang diharapkan umat sebagai representasi simbolis dari Allah, jawaban teologi umat (tegasnya).

 

Reporter: Erick Bitdana