Abepura-SUARA FAJAR TIMUR. Berlangsungnya proses kegiatan perkuliaan dilingkungan kampus adalah pilihan utama setiap kampus di Papua dalam situasi vandemi covid-19. Walau penyediaan jaringan internet di Papua sering dibatasi dengan minimnya sarana-prasarana untuk menunjang proses perkuliaan dengan lancar bukanlah suatu hal yang menjadi hambatan mengukir mimpi bagi Mahasiswa STFT Fajar Timur.  Kasih Tuhan dan doa umat di Papua senantiasa memberikan jalan walau situasi dan kondisi tidak menentu. Hal ini dikatakan langsung oleh Pastor Dr. Yanuarius T. M. You, selaku ketua Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur disela-selah Perayaan Ulang Tahun STFT Fajar Timur yang ke-53 pada Sabtu/10/10/2020.

Dalam wawancaranya, Pastor Yanuarius You, atau panggilan akrabnya Matopay seraya bersyukur bahwa; Civitas Academika STFT Fajar Timur bisa menjalankan kuliah online dengan lancar. Menurutnya, boleh dikatakan kampus STFT Fajar Timur adalah salah satu kampus dari sekian banyak kampus di Papua yang cukup konsisten menjalankan kuliah online baik yang swasta maupun negeri.

Kita lihat dari realita keaktivan mahasiswa maupun para dosen dalam menlangsungkan kuliah online setiap jam kuliah melalui Microsoft Teams dengan jaringan wifi yang tersedia di kampus maupun di setiap rumah study pada umumnya lancar walau ada saja mengalami kendala.

Menurutnya, hal pendukung utama yang mempermudah kelancaran kuliah online ialah tersediahnya sarana-prasrana yang disediakan para Uskup-uskup se-Regio Papua disetiap rumah study masing-masing, tersediahnya wifi juga di kampus,  para mahasiswa sebagian besar  tinggal di asrama –komunitas (Seminari) sehingga sangat mempermuda proses kuliah  maupun sebagian besar dosen di lingkungan seminari sehingga diberikan kemudaan melangsungkan perkuliaan pada masa covid-19 ini.

Kalau dibanding dengan perkuliaan lain baik swasta maupun negeri seperti yang disampaikan pertemuan ketua-ketua sekolah pada kesempatan sebelumnya bahwa tidak semua mahasiswa partisipasi aktif dalam melangsungkan kuliah onle. Hal ini bukan menjadi perbandingan atau mengunggulkan nama STFT tetapi kenyataanya bisa kita lihat, alami dan dengar tentang situasi kita. Walaupun jaringan di Papua sering mengalami gangguan tetapi perkuliaan kita cukup baik dan lancar (tandasnya).

Walau masih saja ada kendala namun tetap bersyukur atas semua kebaikan Tuhan melalui umat Allah di Papua yang senantiasa mendoakan dan menyumbangkan dana melalui sponsor (Para Uskup) maupun donator-donatur yang selalu saja memperhatikan kita lewat caranya masing-masing. Agar STFT Fajar Timur selalu menjadi wadah untuk menciptakan tenaga-tenaga pastoral dari ke-lima Kesukupan dan dua ordo demi menjawab harapan umat. Karena itu sebenarnya STFT Fajar Timur memiliki hutang besar untuk membalas budinya. Karena itu, harapan ketua sekolah sekaligus pembinah rumah study ini menegaskan kepada para mahasiswa untuk memanagement dengan baik waktu yang diberikan study, tidak terlena dengan hadirnya pengaruh perkembangan zaman tetapi penting untuk menanamkan rasa tanggungjawab dalam diri untuk membalas budi umat Allah di tanah Papua, tegasnya.

Dalam ungkapan syukurnya, Pastor Yanuarius juga berharap, dengan merayakan ulang sekolah yang ke-53 ini, STFT Fajar Timur bisa menghasilkan tenaga-tenaga pastoral yang unggul dalam iman, ilmu dan moral agar bisa melayani umat Allah diseluruh tanah Papua. Dan ia pun berharap, satu/dua  tahun kedepan program pasca Sarjana juga bisa hadir di STFT Fajar Timur yang disahkan oleh Kementrian Agama  guna menjawab harapan umat dan kebutuhan pastoral di tanah Papua.  Karena kampus di STFT Fajar Timur pada usia yang ke-53 ini sudah dikatakan cukup dewasa untuk mandiri dan menjawab tantangan zaman.

Pastor yang akrab disapa Matopay “Orang Benar” ini sangat mengharapkan kepada seluruh umat Papua untuk tergerak hati memberikan Anak-anaknya untuk bisa menimbah ilmu di kampus STFT Fajar Timur. Baik mereka yang lahir besar di Papua dan orang asli Papua khsusunya.

Salah satu hal yang membanggakan juga ialah kerjasama baik antara sekolah dengan rumah-rumah study. Misalnya pada masa praktek sekolah dilaksanakan disetiap rumah study dan rumah study memberikan dukungan terhadap praktek-praktek perkuliaan yang sedang dilakukan. Dan juga agar para pembinah disetiap rumah study juga mengetahui perkembangan study para mahasiswanya sendiri.

Harapan  ketua sekolah juga kepada setiap rumah study  yang mendapatkan hadia dalam rangka menyingsong Hari Ulang Tahun STFT Fajar Timur ke-53 bahwa hadia bukan untuk disanjung tetapi sebagai bentuk penghormatan hasil usaha mereka yang meluangkan waktu dan tenaganya. Semoga hadia yang diberikan, mebjadi motivasi diri sendiri untuk mengembangkan minat-bakat dalam menulis dan olahraga lainya “ Olah tubuh dan olah otak” agar di dalam diri terdapat jiwa yang sehat dalam badan yang kekar. Menurutnya kedepan akan dipikirkan untuk memberikan dukungan bagi mahasiswa yang banyak menulis, agar talenta ini didukung dengan pelan-pelan. Hal ini dikatakanya dengan melihat perkembangan zaman dan tugas seorang calon imam dalam menyuarakan suara kenabianya tuturnya*.

Reporter: Erik Bitdana