About Website

 

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA SEKOLAH TINGGI FILSAFAT TEOLOGI (STFT) ‘FAJAR TIMUR’ ABEPURA-PAPUA TAHUN 2020/2021

Abepura, Jl. Yakonde No. 9-12


SELAYANG PANDANG WEBSITE: https://www. Suarafajartimur.com

SUARA FAJAR TIMUR merupakan salah satu program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa yang bergerak dibidang Media dan Publikasi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur. Jl. Yakonde No.9-12 Abepura-Jayapura. Website ini  resmi dionlinekan pada 11 Agustus  2020. Dengan website resmi (https://www. Suarafajartimur.com) kami percaya dapat memberi kontribusi secara objektif, akurat dan terpercaya dapat membangun komunikasi. Berkedudukan di Bukit Fajar Yerusalem Baru, Abepura Jayapura- Papua dengan slogan “Pena Cair, Dunia Mengenal”. Dalam website ini kami akan mengelolah beruapa berita-berita dalam kegiatan kampus, mengelolah hasil karya tulis ilmiah mahasiswa berupa hasil-hasil research praktek dan penelitian, Artikel, Opini, Refleksi dan lainya.  Oleh karena itu, website ini adalah hasil dari suatu ide bersama diantara Badan Eksekutif Mahasiswa di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur di ‘biro Media dan Publikasi’ (MP). Ide untuk membuat web ini telah lama diskusikan juga bersama rekan-rekan anggota BEM STFT Fajar Timur. Web ini ada melalui proses sosialisasi ide, siskusi, kritisi ide, akuntlasi ide, evaluasi, kesediaan dan kesepakatan BEM dan akhirnya ide membuat web ini menjadi komitmen bersama.

Komitmen ini kami telah pesentasi bersama Pembimbing Badan Eksekutif Mahasiswa (Pater Soter Reyaan, OFM) dan biro BEM lainya. Proses ini kami menyebut “proses edukatif” guna memberi peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat bakat.  Berdasar pada latarbelakang kampus yang adalah study filsafat dan teologi, maka proses yang kami lalui  bersifat study reflektif tentang Tugas pastoral dalam realita dari suara STFT’Fajar Timur (dari aspek esesnsi, eksistensi dan tujuan Kampus). Objek ‘proses edukatif’ adalah sejarah pembentukan dan perkembangan (secara akdemis) STFT-Fajar Timur (Nico Syukur Dister OFM, 1992) dan Tuntutan Globalisasi IPTEK di zaman ini dalam lingkungan   STFT ‘Fajar Timur’ sebagai sebuah lemabaga pendidikan (seminari-univesal) dan tuntutan pada mahasiswa sebagai agen dan asset gereja dan bangsa.

Proses edukatif dengan dua objek study refletif ini, kami menemukan ada beberapa hal yang menjadi latar belakang dari ide hadirnya website: https://www. Suarafajartimur.com,yaitu:

1.      Suara fajar timur telah lama bersuara memanacar ke seluruh indonesia, tetapi belum ada ‘rumah/wada’ baginya untuk berdikari diatas kaki sendiri. Karena itu Website ini dibuat sebagai rumah bagi suara fajar timur.

2.      Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai suatu organisasi mahasiwa yang resmi, harus mempunyai website tersendiri dan itu mandiri.

3.      Mahasiwa (BEM) dituntut mandiri, kreaktif, kritis, cerdas, bertanggung jawab dan mengembangkan kreaktivitas berdasarkan tuntutan zaman.

4.      Realitas perkebangan IPTEK, mahasiswa STFT Fajar Timur harus bersaing dengan mahsiswa lain di Papua- Indonesia dalam dan melalui medsos.

5.      Di dalam penilain dikti pada setiap kampus, kerja fisik mahasiswa menjadi syarat lain penilaiaan akreditasi kampus

6.      Sebagai kampus “Filsafat-Teologi”, mahasiwa dituntut mengelola ide, pikiran, dan latihan secara mandiri untuk mengembangkan teori yang dipelajari dan mengembangkan minat, bakat dan talenta yang disalurkan dalam wadah Suara fajar Timur

7.      STFT ‘Fajar Timur’ Telah membentuk banyak suber daya manusia (tenaga gereja dan pemerintahan) dan telah menjadi dapur gereja di Papua, maka perlu diperkenalkan eksistensinya pada publik.

8.      Mahasiwa STFT Fajar Timur membuat ribuan karya ilmiah, penelitian, analisa sosial,  semua tulisan sebagian besar tercecer di berbagai media namun belum website khusus atas nama ‘kampus ‘Fajar Timur’, maka perlu ada website tersendiri agar menjadi rujukan ilmiah bagi konsumsi public atas nama kampus.

9.      Kampus STFT ‘Fajar Timur’ (52th), pada usia ini dituntut diperkenalkan eksistensi dan esensinya harus melalui media ‘online’ sebagai tanggungjawab tuntutan zaman.

10.  Website Suara Fajar Timur adalah bentuk utama mendukung dan nebghidupkan Roh Menulis dari Adama Pater Dr. Neles Kebadabi Tebay di lingkungan STFT Fajar Timur

11.  Website ini juga dibentuk atas dasar pesan Pater Dr. Yanuarius T.M. You, Pr selaku ketua sekolah STFT Fajar Timur

Dengan demikian, latar belakang di atas ini mejadi sepak terjang mengapa website: https://www. Suarafajartimur.com. dibuat dan tujuan dari web ini adalah para mahasiswa berupaya menjawab kebutuhan sekolah dan kebutuhan umat Allah di tanah Papua dalam suara kenabianya untuk merealisasi tuntutan-tuntutan di atas.

Mengapa Harus Berdiri Sendiri?

Fase ‘berdiri sendiri’ tidak tepat dalam konteks ini. Tetapi fase yang tepat dalam hal ini yang dimaksud adalah ‘mandiri’ dan kreativitas mahasiswa. Kami memahami bahwa ‘berdiri mandiri’ berarti di luar dari fungsi bimbingan dan kontrol kampus, namun dengan fase ‘Mandiri’ artinya bahwa website ini tetap ada di bahwa pengawasan dan pengontrolan lembaga STFT ‘Fajar Timur’. Tujuan mandiri dalam kelola website ini, didukung juga dengan pesan dan harapan ketua sekolah STFT ‘Fajar Timur’ Dr. Yanuarius T. Matopai You, Pr. Dalam sambutan pada acara serah terima SK BEM pada tahun akademik 2020-2021, bahwa mahasiswa harus meulis, menulis dan menulis; mandiri, kreaktif, bertanggung jawab; mengembangkan talenta yang diberikan Tuhan dan diperkenalkan kampus STFT ‘Fajar Timur’ lewat Media sosial. Maka kami siap mencoba sebelum menyerah dan kami siap kerja!

Bagaimana dengan perkembangan selanjutnya?

Kami tim atau biro media dan publikasi, sudah pertimbangkan bahwa ada kaderisasi dari tingkat 1 dan 2 dari setiap keuskupan dan rumah study. Kami juga akan membuat sebuah buku dijitan ‘selayang pandang cara mengolah website https://www. Suarafajartimur.com. di dalamnya kami akan membuat deskripsi latar belakang, tujuan, harapan, dan cara mengelolanya, termasuk mengaktifkan server dan domain di pengelolah website dalam 1 tahun sekali Rp 350, 000,00 (Tiga Ratus lima puluh Ribu Rupiah/tahun). Buku jilitan itu, kami akan memuat di website sebagai keterangan website itu sendiri dan jilitannya akan disipan di secretariat BEM sebagai panduan kerja. Harapan kami program kerja ini mejadi program BEM tetap STFT Fajar Timur.  Oleh karena itu, kami BEM (biro media dan publikasi) STFT ‘Fajar Timur’ 2020-2021 sangat membutuhkan dukungan dari pihak kampus, dosen, mahasiswa dan para alumni STFT Fajar Timur di seluruh tanah Papua sangat kami harapkan. Dengan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada lembaga pendidikan atas kebaikan budimu atas kerja sama dalam kesempatan kami belajar dalam ‘organisasi BEM’.

 

Berdasar pada maksud dan tujuan tersebut diatas, maka akan kami kelolah berbagai kategori dibawah ini sebagai berikut:

Kategori

TENTANG KAMI
BERITA FOTO/VIDEO
ARTIKEL
OPINI
HASIL RESEARCH MAHASISWA

1.      Sejarah STFT Fajar Timur

2.      Visi-Misi

3.      Struktur Kampus

4.      Struktur Badan Eksekutif Mahasiswa

5.      Biro-biro
1.      Berita STFT Fajar Timur

2.      Unit Kegiatan Mahasiswa

3.      Berita Keuskupan
1.      Filsafat

2.      Teologi

3.      Feauture

4.      Sastra

 

1.      Eokonomi

2.      Agama

3.      Sosial

4.      Budaya

5.      Politik

6.      Lingkungan Hidup
1.       Laporan akhir Hasil Praktek Kemasyarakatan

2.      Laporan Hasil praktek Kegerejaan

3.      Laporan hasil Penelitian

Jayapura, 11 Agustus 2020

Bedan Eksekutif Mahasiswa

 

(BEM): Biro Media dan Publikasi